JAKARTA - PT Multi Harapan Utama (MHU), unit usaha MMS Group Indonesia (MMSGI), telah menandatangani perjanjian dengan Shaanmei Supply Chain Management Co pasar Tiongkok merupakan salah satu pasar batubara terbesar di dunia dan dan kerja sama ini membuka peluang besar bagi MHU untuk meningkatkan ekspor dan memperkuat posisinya di pasar global, yang sejalan dengan visi MHU untuk menjadi produsen batu bara yang maju dan terdepan di Indonesia," kata Saly Putra, kepala departemen pemasaran MHU, pada hari Sabtu. Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, katanya. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak yang diwakili oleh Saly Putra dari MHU dan Li Ce dari SHAANMEI berlangsung di Jakarta, yang merupakan pertanda positif bagi perdagangan energi antara Indonesia dan China. MoU ini menandakan komitmen kedua belah pihak untuk menjalin kerja sama perdagangan batubara hingga tahun 2024, dengan MHU, sebagai perusahaan tambang batubara terkemuka di Indonesia yang beroperasi di Kalimantan Timur, memasok 1,5 juta ton batubara ke SHAANMEI, salah satu importir batubara terbesar di Tiongkok.


SARI. Sally Putra menjelaskan bahwa MHU telah mencapai target penjualannya dalam beberapa tahun terakhir: pada tahun 2022, MHU berhasil memasuki pasar Tiongkok dan menjadi salah satu dari tiga eksportir batubara teratas, berkat kerja sama antara Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) dan Asosiasi Distribusi Transportasi Batubara Tiongkok (China Coal Transport Distribution Association/CCTDA). Penandatanganan MoU ini merupakan bukti nyata kepercayaan dan kredibilitas pertambangan batubara MHU di pasar internasional, khususnya di Tiongkok.

Sementara itu, Li Ce, Presiden SHAANMEI, menyambut baik sinergi ini.

"Saya percaya bahwa MHU dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan dan saya yakin bahwa kemitraan ini akan membawa manfaat yang besar bagi kedua belah pihak," kata Presiden Li Ce. Kemitraan ini tidak hanya merupakan langkah inovatif bagi MHU di kancah global, namun juga diharapkan dapat memperkuat hubungan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi kedua negara.

MHU memiliki visi positif untuk meningkatkan volume ekspor ke Tiongkok, yang mencerminkan komitmennya terhadap penciptaan lapangan kerja untuk mendorong peningkatan dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan yang selaras dengan kesejahteraan sosial Indonesia. Penandatanganan MoU ini disaksikan oleh perwakilan dari MMSGI, MHU, dan SHAANMEI. Hal ini menandai babak baru dalam kerja sama antara kedua perusahaan dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri batubara Indonesia dan Cina.