JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan bahwa hingga April 2024, Travoy, aplikasi asisten perjalanan digital, telah memiliki 543 ribu pengguna, dengan rincian pengunduh aplikasi Travoy dari aplikasi Android sebanyak 480 ribu pengguna dan rincian 63 ribu pengguna dari aplikasi iOS.

Faiza Riani, Head of Marketing and Communications Jasa Marga, mengatakan bahwa menjelang Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024, fungsionalitas Travoy mengalami peningkatan dengan menghadirkan pilihan rute perjalanan terbaik sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Faiza mengatakan Travoy Journey "dapat memberikan informasi estimasi jarak, waktu tempuh, tol, informasi lalu lintas, CCTV secara real time, tempat istirahat yang akan dilewati, informasi rambu-rambu pesan dinamis (dynamic message signs/DMS), dan kecepatan rata-rata selama rute perjalanan."

Untuk mengakses fitur terbaru ini, pengguna cukup membuka aplikasi Travoy dan mengklik Start Trip pada layar, jelas Faiza. Mereka kemudian memasukkan lokasi asal dan tujuan mereka pada layar dan memilih kelas kendaraan. Terakhir, setelah mengklik Mulai Perjalanan, tampilan akan menampilkan gerbang tol dan tarif tol per gerbang tol berdasarkan rute yang dipilih.

Selain itu, fitur terbaru ini memungkinkan pengguna jalan untuk diberitahu melalui navigasi suara jika ada tempat peristirahatan di dekatnya. Informasi lalu lintas juga ditampilkan melalui notifikasi push ketika ada kejadian seperti informasi gangguan lalu lintas, pekerjaan atau pemeliharaan lalu lintas yang terjadi di jalan tol yang paling dekat dengan lokasi pengguna saat ini.

"Fitur penting lainnya untuk memudahkan pengguna jalan, terutama dalam situasi darurat, adalah fungsi Chat Us, yang mengarahkan pengguna jalan ke layanan pesan WhatsApp berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, dan Hub, yang menghubungkan langsung ke live agent call center 14080. 14080," jelas Faiza.

Untuk membuat perjalanan mudik dan balik Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024 menjadi lebih ceria dan bermakna, para pengguna jalan dapat mengakses fitur-fitur terbaru dan fungsi-fungsi menarik lainnya 1. CCTV, dengan lebih dari 2.000 titik CCTV di sepanjang jalan tol Jasa Marga, memantau kondisi jalan tol melalui CCTV secara real time, live 24 jam.

2. Informasi lalu lintas terkini. Menyediakan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk rekayasa lalu lintas seperti contra flow, ganjil-genap, dan satu arah, hambatan lalu lintas, dan pemeliharaan yang sedang dilakukan di jalan tol.

3. Tempat peristirahatan. Memberikan informasi mengenai tempat istirahat, mulai dari lokasi yang paling dekat dengan pengguna jalan, fasilitas dan penyewa di dalam tempat istirahat, parkir yang tersedia hingga lokasi SPKLU di dalam tempat istirahat

. 4. Tarif. Membantu pengguna jalan untuk menemukan informasi tol yang mereka butuhkan selama perjalanan, berdasarkan golongan kendaraan dan gardu tol yang ada di tempat asal dan tujuan.

5. struk/tanda terima digital. Pengguna jalan dapat mendaftarkan e-toll mereka terlebih dahulu dan menerima struk digital yang berisi data riwayat transaksi tol tujuh hari sebelum kartu didaftarkan. Riwayat transaksi tol disimpan hingga 30 hari.

6. GetPay. sebuah ekosistem pembayaran digital dengan fungsi multi-biller, yang dapat digunakan untuk membeli pulsa, membayar tagihan telepon pascabayar, dan mengisi ulang saldo dompet elektronik/e-money.

"Kami memahami kebutuhan untuk mendapatkan informasi lalu lintas yang sangat dinamis sehingga pengguna jalan dapat merencanakan perjalanan mereka dengan baik. Meskipun banyak jadwal rekayasa lalu lintas yang telah ditentukan sebelumnya, kami sangat menyarankan pengguna jalan untuk mengunduh aplikasi Travoy, yang secara teratur diperbarui 24 jam sehari, sehingga mereka dapat memprediksi perjalanan mereka dan merencanakan kembali rencana perjalanan mereka," tutup Faiza.