Solo - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surakarta, Jawa Tengah, memastikan penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) pada 2024 mendatang akan lebih semarak. "Tahun ini akan ada tambahan acara untuk HUT Dekranas dan PKK yang berpusat di Solo. Ada juga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Ferry Septa Indrianto, presiden Kamar Dagang dan Industri Kota Surakarta, pada hari Kamis di Solo, Jawa Tengah. Selain itu, SGS merupakan bagian dari apresiasi komunitas bisnis atas kemenangan Walikota Surakarta Gibran Rakabumin Raka dalam pemilihan presiden 2024. "Kami bersyukur pemilu telah usai dan berjalan dengan damai. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Mas Gibran yang akan segera pindah ke Jakarta".

Seperti tahun 2023, SGS 2024 akan diselenggarakan dalam bentuk klaster, dengan pariwisata dan kerajinan tangan sebagai fokus klaster.

Ditanya mengenai target perdagangan dalam SGS, beliau menyatakan bahwa tidak ada target nominal yang ditetapkan oleh Kadin Surakarta.





"Tujuannya adalah membangun ekosistem, dunia usaha. Yang namanya bisnis itu harus menguntungkan baik bagi pengusaha, sumber daya manusia, dan pemerintah kota. Dengan kata lain, semua itu bisa kita tangkap melalui SGS". Selain itu, ia juga ingin bekerja sama dengan para investor dan pelaku usaha lokal yang akan membangun bisnis di Solo.

"Solo safari memang bagus, tapi akan lebih bagus lagi jika Solo Safaris bekerja sama dengan perusahaan lokal. Itu yang ingin kami dorong dan ada transfer ilmusehingga Solo bisa lebih mandiri."

Menurutnya, infrastruktur Solo yang dibangun dengan cara seperti itu harus bisa dioptimalkan dengan baik oleh masyarakat.

"Kalau tidak dimanfaatkan ya rugi," katanya.

RAy Febri Hapsari Dipokusumo dari Kamar Dagang dan Industri Kota Surakarta mengatakan pelaksanaan SGS 2024 dimajukan dari biasanya Oktober menjadi Mei. "Pelaksanaannya dari tanggal 5 Mei sampai akhir Mei, untuk mendongkrak Hari Dekranas dan Hari Kesatuan Gerak PKK, khususnya di Solo. Nantinya, 6.000 orang dari seluruh Indonesia akan berpartisipasi dalam acara tersebut. Acara ini juga akan dihadiri oleh Ibu Negara dan istri Wakil Presiden," katanya.

Dia mengatakan Kadin Surakarta telah bekerja sama dengan Panitia HUT Dekranas pusat dan Panitia HUT PKK pusat untuk membuat berbagai paket yang menawarkan layanan dan keramahtamahan kepada semua peserta. "Paket-paket yang ditawarkan oleh Kadin dibuatkan katalog khusus yang akan disebarkan ke seluruh Indonesia dalam bentuk paket wisata, workshop, dan paket cinderamata yang dikelola oleh pengurus dan anggota Kadin Surakarta. Diharapkan melalui kerjasama ini, SGS dapat menjangkau wilayah yang lebih luas lagi," ujarnya.