Menyusul pemberlakuan kebijakan satu arahdari KM 414 Kalikangkung di jalan tol Purwakarta-Batan-Semarang hingga KM 72 Cikopo di ujung tol Cipari, petugas mengalihkan kendaraan yang menuju Cirebon ke jalur Pantura. Dalam sebuah pernyataan di Purwakarta pada hari Sabtu, Faiza Riani, kepala departemen pemasaran dan komunikasi Jasa Marga, mengatakan PT Jasa Marga telah menerapkan rekayasa lalu lintaskebijakan satu arahpada arus balik Lebaran di jalan tol Trans Jawa dari Semarang ke Cikampek. Jasa Margamengatakan pihaknya mendukung diskresi kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas

tersebut. Rekayasa lalu lintas

lalu lintas satu arah dilakukan mulai pukul 15:00 WIB pada hari Sabtu.

Dengan berakhirnya titik satu arah di KM 72, maka pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Cirebon yang melintasi Jalan Tol Cipari/Jalan Tol Trans Jawa akan dialihkan untuk mengakses pintu keluar Gerbang Tol (GT) Cikampek dari KM 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Pengendara kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur Pantula. Sementara itu, rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung normal.



Dia mengatakan bahwa pemberlakuan rekayasa lalu lintas
satu arah
didasarkan pada indeks volume lalu lintas melalui traffic countingdari KM414 Tol Batang Semarang hingga KM190 Tol Palikanti, yang terpantau selama tiga jam berturut-turut dan total volume lalu lintas pada periode tersebut tercatat di atas indikator. tercatat di atas indikator tersebut, dinyatakan.

"Mengingat banyak rekayasa lalu lintas yang juga diberlakukan pada arus balik kemarin, maka untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas pada arus balik ini, maka traffic count ... bekerja sama dengan Kepolisian, Kemenko PMK, Kementerian Perhubungan dan PUPR, akan menjadi rekomendasi untuk melakukan skenario rekayasa lalu lintas yang diperlukan ... 18 dan terus memantau indikator volume lalu lintas di ruas-ruas tol yang dilalui," kata Faiza. Bagi pengguna jalan yang melintasi jalur satu arah, Jasa Marga mengimbau agar tidak euforia dalam berkendara. Patuhi batas kecepatan. Dilarang berpindah lajur di tempat yang tidak semestinya, menerobos pembatas jalan, atau berpindah lajur secara tiba-tiba. "Melanggar peraturan lalu lintas tidak hanya membahayakan diri Anda sendiri, tetapi juga pengemudi lain.




Selain itu, pengguna jalan tidak boleh berhenti di bahu jalan saat melaju di jalursatu arah, kecuali dalam keadaan darurat.42 Tempat peristirahatan di jalur tol yang menerapkan lalu lintas
satu arah akan beroperasi seperti biasa, termasuk tempat peristirahatan di lajur yang berlawanan/kanan.

Pastikan saldo E-toll mencukupi untuk menghindari antrian di gardu tol. Saat memasuki GT Cikampek Utama, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengikuti rambu-rambu dan petunjuk petugas karena gangguan sekecil apapun akan mempengaruhi arus lalu lintas yang ada dan menyebabkan antrian kendaraan.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk menanyakan kepada pihak kepolisian terkait waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas yang bersifat dinamis.