Cikampek - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol dari GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama, puncak arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah terjadi pada hari Senin (15/4). Diperkirakan demikian. "Saat ini sudah mulai terlihat peningkatan jumlah kendaraan yang keluar dari Trans Jawa menuju Jakarta, namun akan lebih banyak pada hari Senin," kata Faiza Riani, Kepala Departemen Pemasaran dan Komunikasi Jasa Marga, di Cikampek, Minggu malam. Dia mengatakan lalu lintas kendaraan per jam dari pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB dari arah Trans-Jawa dan arah timur Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102.000 kendaraan. "Angka ini meningkat 168% dari volume lalu lintas normal.

Dia mengatakan kepadatan kendaraan terjadi karena ramainya masyarakat yang berkendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. "Hal ini terjadi karena pemberlakuan satu arah, namun di KM67 jalan tol Jakarta-Cikampek terjadi pertemuan dua arus jalan dari tol Cipraran dan tol Transjawa," katanya. Dia juga mengimbau agar pemudik yang masih memiliki waktu luang untuk menunda kepulangannya ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan.

Pihaknya akan menawarkan diskon 20% bagi mereka yang kembali ke Jabodetabek pada hari Selasa (16/4) dan Rabu (17/4).

Dia mengatakan bahwa Jasa Marga mengimbau para pengguna jalan untuk memastikan bahwa mereka telah siap berkendara sebelum melakukan perjalanan.

Mulailah dengan mengecek e-toll dan saldo bahan bakar untuk memastikan kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima.

"Mengimbau pengguna jalan untuk mengikuti rambu-rambu dan petunjuk petugas saat memasuki GT Cikampek Utama di ruas tol Jakarta-Cikampek, karena gangguan sekecil apapun akan berdampak pada kelancaran lalu lintas yang ada dan menyebabkan antrian kendaraan."

Pantauan Tim Jelajah Mudik Antara di Gerbang Tol Cikampek Utama pada pukul 02.00 WIB menunjukkan arus lalu lintas dari GT Kalikangkung, Jawa Tengah terpantau ramai lancar.

Kemacetan disebabkan oleh antrean pengendara yang melakukan transaksi di gardu GT Cikampek Utama.

Jasa Marga membuka total 28 gardu untuk melayani pemudik yang menggunakan gardu ini.