JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengapresiasi kinerja badan usaha yang ditugaskan dalam menjaga pasokan dan ketersediaan BBM selama Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2024, atau 3-19 April 2024. "Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) PT Pertamina Patra Niaga, sehingga dapat menjamin ketersediaan penyaluran BBM, LPG dan Avtur bagi masyarakat yang mudik, termasuk", Kamis (18/4), Sumatera Selatan. Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Jumat, Basuki yang akrab disapa Tiko, mengatakan Posko Nasional RAFI Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2024 telah berjalan lancar sejak dibuka pada 3 April hingga 19 April 2024. katanya. BPH Migas bersama seluruh pemangku kepentingan,terus memantau situasi pasokan energi dan melaporkan kepada Menteri ESDM dalam bentuk laporan harian hingga posko ditutup. Ada dua hal penting terkait BBM: pertama, stok yang cukup, distribusi berjalan dengan baik, dan konsumen terlayani dengan baik. Kedua, peramalan dan realisasi kuota BBM, khususnya di wilayah Sumatera Selatan, juga baik. Menurut dia, Pemerintah juga memastikan layanan tambahan yang diberikan oleh badan usaha yang telah dialokasikan dapat menjamin kelancaran dan kenyamanan masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran 2024. "Layanan tambahan tersebut berupa pengemudi, pangkalan siaga, mobil tangki sebagai kantong-kantong SPBU dan SPBU modular," katanya. Pada kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Tata Kelola Hilir Migas Muljono juga memuji kinerja RAFI POSCO tahun ini.

Beliau meminta entitas yang ditugaskan untuk memitigasi efektivitas pengiriman bahan bakar di DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Kami melihat Satgas RAFI tahun 2024 paling siap. Sementara itu, Executive General Manager MOR II Pertamina Patra Niaga Zibali Hisbul Masih mengatakan, Pertamina Patra Niaga sebagai entitas yang mendapat alokasi untuk kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran. Dia menjelaskan bahwa perusahaan terus mendukung ketersediaan BBM untuk "Selama Ramadan ini, kami telah menyediakan sedikitnya 10 SPBU modular, baik di jalan tol maupun non tol, 16 mobil tangki sebagai kantong-kantong SPBU, dan 18 mobil tangki yang secara aktif melayani para pemudik untuk mendapatkan bahan bakar." Ujarnya.