Sleman - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mendukung kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesian Marketing Association (IMA) yang akan diselenggarakan pada 2-4 Mei 2024. "Kegiatan Rakernas IMA di Sleman ini dapat membantu mem-branding produk UMKM di wilayah Sleman ke tingkat yang lebih tinggi," kata Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Bidang Ekonomi dan Pembangunan Harris Martapa, di Sleman, Minggu. Menurut dia, momentum Rakernas IMA ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi wilayah Sleman khususnya, dan Yogyakarta pada umumnya, untuk menunjukkan potensinya.

"Para peserta Lakerunas ini tentunya adalah para profesional marketing yang memiliki keahlian di bidang promosi," kata Harris yang juga menjabat sebagai Ketua IMA Cabang Sleman.




Dia mengatakan bahwa "IMA Cabang Sleman berkomitmen untuk meningkatkan upayanya dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang secara khusus bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui marketing dan kewirausahaan, khususnya di sektor perdagangan melalui usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)."

"IMA adalah organisasi profesional yang beranggotakan pemerintah, profesional, pelaku bisnis dan akademisi yang terkait dengan pemasaran. Organisasi ini didirikan oleh Hermawan Kartajaya, seorang pakar pemasaran terkenal dan Presiden Pendiri Kehormatan IMA saat ini. Menurut Bapak Harris, cabang IMA di Sleman didirikan pada tahun 2017, menjadikannya salah satu dari 101 cabang IMA di seluruh Indonesia.

"IMA cabang Sleman sekarang memiliki 120 anggota," katanya. Ia mengatakan Lakernas IMA pada 2-4 Mei mendatang akan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain kuliah umum oleh Rektor UGM Prof Dr Ova Emilia, M.Med, Ed, Sp.OG(K), Ph.D dan Hermawan Kertajaya, kunjungan ke Kaliurang, gala dinner dan UMKM Expo. Beliau menyatakan bahwa acara tersebut akan diisi dengan.

"Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dijadwalkan akan hadir dalam rakernas ini.



Bertemakan "Immersive, Inclusive Marketing For Better Indonesia", rakerna ini akan dihadiri oleh cabang-cabang IMA dari seluruh Indonesia Rakernas ini diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 350 orang yang terdiri dari para pengurus dan Dewan Pengurus Pusat IMA.

"Bersamaan dengan Lakerna IMA, akan diadakan juga pertemuan Asian Marketing Federation (AMF), yang beranggotakan berbagai IMA dari berbagai negara di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Delegasi AMF akan terdiri dari sekitar 30 peserta yang berasal dari Jepang, Cina, Thailand, Bangladesh, dan Korea Selatan.