JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ali Setiadi mengatakan kunjungan perwakilan Apple yang dijadwalkan pada April 2024 merupakan bukti bahwa potensi sektor digital Indonesia menarik dan dilirik dunia. "Itu bagus. Artinya, Indonesia mulai dilirik dunia," ujar Budi di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta Pusat, Senin.

Ia mengatakan perwakilan yang akan datang ke Indonesia dari raksasa teknologi ini adalah CEO Tim Cook dan mereka akan membahas investasi Apple di Indonesia. Salah satu investasi yang dibicarakan adalah pengembangan talenta digital di Indonesia melalui Apple Academy, yang diharapkan akan diperluas dari area saat ini, yaitu Tangerang BSD dan Batam City Nongsa Digital Park. Saat ini, fokusnya adalah membahas investasi sumber daya manusia (SDM) untuk talenta digital, tetapi pertemuan tersebut juga dapat membahas pembangunan pabrik manufaktur perangkat Apple.

"Semua kemungkinan ada. Karena pengguna produk Apple di Indonesia cukup banyak."

Rencana kedatangan perwakilan Apple ke Indonesia pertama kali diungkapkan oleh Menkominfo pada Kamis (21/3). Selain Apple, Menkominfo juga mengatakan bahwa perwakilan Microsoft global juga dijadwalkan untuk mengunjungi Indonesia pada pertengahan April 2024. Untuk Microsoft, pertemuan tersebut akan dilakukan untuk membahas pengembangan sumber daya manusia digital dan pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Indonesia.

Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama dalam Nota Kesepahaman yang dikukuhkan antara Microsoft Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Kamis (14/3) lalu.

"Membahas bagaimana melakukan transfer teknologi dan pengetahuan untuk transformasi digital Indonesia.

Ini adalah kelanjutan dari apa yang kami bicarakan kemarin. Karena mau tidak maukecerdasan buatanAI
akan terus berkembang, kita perlu banyak kerja sama dan kita perlu merekrut berbagai pemain global," ujar Budi pada hari Kamis (21/3).