JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ali Setiadi mengungkapkan bahwa kementeriannya memiliki beberapa program untuk memperkuat dan memperluas ekosistem start-up Indonesia, mulai dari HUB.ID hingga pengembangan talenta digital, untuk mendukung terwujudnya Desa Kreatif.

Laporan tersebut menyatakan. Desa Kreatif merupakan salah satu program yang sedang dikembangkan oleh pemerintah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan potensi pariwisata Indonesia, dan keterlibatan sektor digital dianggap penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan desa. "Salah satu indikator terpenting dalam pengembangan Desa Kreatif adalah pengembangan teknologi dan keuangan digital," kata Budi dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa.



Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki program HUB.ID yang menjembatani perusahaan rintisan (start-up) dengan mitra strategis untuk mengembangkan bisnis mereka. Selain itu, ada juga program Startup Studio dan Beta School. Keduanya merupakan program pelatihan yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan, terutama dari perspektif bisnis dan teknologi, yang berkaitan dengan pendirian perusahaan rintisan

. "Selain program Startup, ada juga serangkaian program pelatihan keterampilan digital, seperti Digital Talent Scholarship, yang berfokus pada berbagai inisiatif untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK)," kata Menteri Rudiantara. Ia menyatakan. Di antara Digital Talent Scholarship terdapat beberapa program yang dapat diikuti oleh masyarakat di Desa Kreatif untuk memajukan dan melengkapi solusi pembangunan desa, seperti Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Program pengembangan talenta digital ini berfokus pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin memperluas dan meningkatkan pasar mereka dengan perluasan pasar digital, tidak hanya di dalam negeri. Dalam program ini, para pelaku UMKM diajak untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi digital untuk mencapai tujuan tersebut.

Kemudian ada juga program Thematic Academy (TA) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. Program ini mengundang peserta untuk berpartisipasi dalam program tematik yang akan dikembangkan di masyarakat untuk membantu menstimulasi perkembangan ekonomi Indonesia melalui kreativitas dan inovasi.

Menteri Kominfo berharap dengan adanya program dukungan dari Kementerian Kominfo, para talenta di Desa Kreatif dapat lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi digital yang terus berkembang sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.